Essay Mental Health Bagi Generasi Z

 

Nama                           : Achmad Fajar Nur Alamsyah

Nim                             : 205080301111024   

Prodi                           : Teknologi Hasil Perikanan

Fakultas                       : Perikanan dan Ilmu kelautan          

Cluster                         :26


Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Generasi Z di Masa Pandemi Sekarang

 

            Pada pembahasan kali ini, saya akan membahas tentang kesehatan mental di masa sekarang terutama bagi generasi Z. Pengertian Sehat Menurut Ahli WHO, Sehat adalah kondisi normal seseorang yang merupakan hak hidupnya. Sehat berhubungan dengan hukum alam yang mengatur tubuh, jiwa, dan lingkungan berupa udara segar, sinar matahari, diet seimbang, bekerja, istirahat, tidur, santai, kebersihan serta pikiran, kebiasaan dan gaya hidup yang baik. World Health Organization (WHO) membuat defenisi universal yang menyatakan bahwa pengertian sehat adalah suatu keadaan kondisi fisik, mental, dan kesejahteraan sosial yang merupakan satu kesatuan dan bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan.Generasi sendiri pasti akan selalu terlahir seiring berjalannya zaman dari masa ke masa. Mulai generasi Nabi, generasi kerajaan, generasi perang, generasi penjajahan,sampai zaman di era teknologi seperti sekarang ini. Saat ini dunia semakin berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan tersebut bisa dilihat dari kondisi lingkungan dan teknologi. Setiap perkembangan tersebut berhasil membentuk suatu generasi baru. Tipe-tipe generasi saat ini memiliki karakter dan pola pikir berbeda dari generasi sebelumnya. Hal tersebut disebabkan adanya adaptasi tiap generasi. Teknologi sendiri pada awalnya terlahir pada Generasi X. Sesudah itu pada  generasi Y lahir dalam rentang tahun kelahiran 1981 sampai dengan 1994. Generasi ini disebut juga dengan sebutan generasi milenial.Karena pada generasi ini sudah mulai mengenal banyak teknologi seperti komputer, smartphone, dan video game. Generasi Y atau biasa disebut gerasi millenial ini sudah mulai memahami aplikasi baik itu di computer maupun smartphone seperti email, facebook,line, twitter, bahkan Instagram. generasi Z sendiri sebenarnya tidak terlalu jauh perbedaannya hanya saja generasi Z ini hanya menjadi peralihan teknologi yang semakin berkembang dan kelahiran dalam rentang tahun 1995 sampai tahun 2010.

            Saat ini perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi sangat berkembang pesat dan sangat besar di dunia. Banyak sekali keuntungan yang dapat didapat dengan adanya teknologi ini bahkan di berbagai bidang, namun dibalik itu ada kerugian yang akan di rasakan secara tidak langsung, terutama pada generasi Z sekarang ini. Salah satunya adalah kesehatan mental Generasi Z saat ini. Setengah dari penyakit mental bermula sejak remaja, yakni di usia 14 tahun. Menurut WHO, banyak kasus yang tidak tertangani sehingga bunuh diri akibat depresi menjadi penyebab kematian tertinggi pada anak muda usia 15-29 tahun.  Merujuk data hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, prevalensi penderita skizofrenia atau psikosis sebesar 7 per 1000 dengan cakupan pengobatan 84,9%. Sementara itu, prevalensi gangguan mental emosional pada remaja berumur lebih dari 15 tahun sebesar 9,8%. Angka ini meningkat dibandingkan tahun 2013 yaitu sebesar 6%. Maka dari itu  generasi sekarang ini lebih rentan terkena gangguan mental. Terlebih masa muda merupakan waktu di mana banyak perubahan dan penyesuaian terjadi baik secara psikologis, emosional, maupun finansial. Apalagi  Kesehatan Mental pada generasi saat ini sangat mempengaruhi bagi kehidupan yang akan datang ditambah sekarang ini dunia sedang tidak stabil karena mengalami wabah virus mematikan yang bernama Coronavirus Disease (COVID-19).  Tak sedikit orang yang merasa tertekan karena keadaan seperti ini, dan banyak sekali orang yang menderita khusus nya generasi Z sekarang. Dari mulai sekolah, tugas, masalah jaringan bahkan bekerja pun semua terhambat karena ini dan pada akhirnya semua menggunakan Teknologi agar selalu sekolah, kuliah maupun bekerja lewat rumah. Namun dibalik itu tak semua orang dapat mengerti dan mempunyai teknologi yang canggih untuk dapat mengikuti kegiatan terutama sekolah dan kuliah serba online ini, Akibatnya banyak juga orang merasakan stress bahkan bisa gangguan jiwa.

 

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pentingnya kesehatan mental bagi Generasi Z di Masa pandemi sekarang ini sangat berpengaruh terhadap pola pikir dan kejiwaan pada generasi Z sekarang ini terutama kesehatan mental. Gangguan mental sendiri biasa sering terjadi tanpa sadar dan lebih mengarah ke gangguan mental yang bersifat emosional. Hal ini membuktikan bahwa menjaga kesehatan mental sangatlah penting bagi generasi Z yang merupakan tonggak bangsa di masa depanagar dapat mampu mengatasi berbagai tekanan dan berbagai keadaan serta mampu menjalani kehidupan sehari-hari tanpa adanya beban yang berlebihan.






                                                                 DAFTAR PUSTAKA

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Generasi_Z

https://kekeanisa20091995.wordpress.com/2014/03/24/definisi-sehat-menurut-who-world-health-organization/#:~:text=Konsep%20%E2%80%9Csehat%E2%80%9D%2C%20World%20Health,terbebas%20dari%20penyakit%20atau%20cacat.

https://www.kemkes.go.id/article/view/19030400005/perlu-kepedulian-untuk-kendalikan-masalah-kesehatan-jiwa.html 


Komentar